Ingat pepatah dan kata-kata bijak : “MERAWAT LEBIH BAIK DARI PADA MEMPERBAIKI” ? ya pasti ingat donk. Ini memang harus bener-bener diterapkan ke Kamera anda khususnya kamera DSLR yang biaya hobby satu ini cukup mahal. Terutama untuk menangkal musuh utama Kamera DSLR anda : DEBU dan JAMUR. Karena kelembaban udara di Negeri kita tercinta kita ini sangat tinggi, maka untuk peralatan seperti kamera harus disimpan pada tempat penyimpanan khusus. Jangan menyimpannya di lemari pakaian, karena jelas lemari pakaian akan sangat lembab dan kapur barusnya dapat merusak lensa. Sebaiknya kamera dan lensa dan alat pendukungnya ditaruh pada suatu alat yang dinamakan DRY BOX. Mahal kah alat ini??? ya memang mahal, kalo yang bener-bener drybox bisa harganya diatas 700rb-an untuk ukuran yang kecil. Terus kalo mahal, ada solusinya gak ya???? saya jawab, ADA!!! berikut solusinya.

Dry Box dapat anda buat sendiri seperti yang saya lakukan. Saya membuat sendiri Dry Box untuk kamera Canon 1000D dan Lensa saya. Saya buat sendiri selain harga Dry Box mahal, karena ingin mempraktekkan info-info yang saya dapat di beberapa forum online. Pertama belilah Storagae Box untuk makanan (biasanya untuk makanan/susu bayi) yang terbuat dari plastik. Misalnya seperti Tapperware (namun tapperware juga cukup mahal, 200rb-an), atau anda cari disupermarket sesuai kebutuhan perlatan anda. Yang penting kotak tersebut kedap udara. Kemudian belilah spon tipis(1 lembar = 11rb) untuk dijadikan alas untuk menaruh kamera. Kemudian belilah Silica Gel. Silica Gel bisa dibeli kilo-an yang harganya sangat murah sekitar 70rb-an sekilonya. Silica Gel ini fungsinya untuk menyerap butiran air dan menjaga kelembaban udara. Berwarna biru tua kalau masih bagus,kalau sudah jenuh berwanra merah muda. Jika sudah jenuh bisa dipanaskan diatas api sampai berwarna biru tua lagi. Selain itu, anda juga bisa membeli Silica Gel Electric dengan harga 125rb untuk ukuran LARGE. Jadi kalo warna sudah berubah merah muda tinggal colokin aja ke listrik.

Nah, kemudian jangan lupa untuk membeli alat ukur : Higrometer untuk mengukur kelembaban, dan Thermometer untuk mengukur suhu. Cek selalu untuk kelembaban agar diantara 30-60 , dan suhu jangan terlalu ekstreemmm, diatas 33. Sekarang Dry Box anda sudah jadi dan siap untuk menyimpan kamera anda. Cukup murah dan cukup mudah bukan??? silahkan dicoba. Sayangilah kamera dan lensa anda, jauhi dari yang namanya debu dan jamur. Ongkos perbaikannya sangatlah mahal. SELAMAT MENCOBA !!!

INFO untuk tempat pembelian alat-alat diatas bisa di Cek di : www.kaskus.us ataupun di bursa.fotografer.net